Pernah Mengenal Apa Itu Badai Sungai Atmosfer?

Pernah Mengenal Apa Itu Badai Sungai Atmosfer?

Apa sungai terbesar di dunia, dan sebagian besar mungkin akan menebak bahwa itu adalah sungai Amazon, Nil, atau Mississippi. Faktanya, beberapa sungai terbesar di Bumi adanya terletak di langit angkasa bumi ini

Sungai atmosfer adalah pita kelembaban yang panjang dan sempit di atmosfer yang membentang dari daerah tropis ke garis lintang yang lebih tinggi. Sungai-sungai di langit ini dapat mengangkut 15 kali volume dari sungai Bengawan Solo.

Pernah Mengenal Apa Itu Badai Sungai Atmosfer?

Dalam 20 tahun terakhir, seiring dengan peningkatan jaringan pengamatan, para ilmuwan telah belajar lebih banyak tentang fenomena cuaca penting ini. Sungai atmosfer terjadi secara global, mempengaruhi pantai barat dari daratan utama dunia, termasuk Portugal, Eropa Barat, Chili dan Afrika Selatan. Apa yang disebut badai "Pineapple Express" yang membawa uap air dari Hawaii ke pantai Barat AS hanyalah salah satu dari banyak banyaknya kejanggalan tersebut.

Penelitian bertajuk **Combines Economics and Atmospheric Science (Menggabungkan Ilmu Ekonomi dan Atmosfer) **untuk mengukur kerusakan akibat peristiwa cuaca buruk. Baru-baru ini peneliti dari Scripps Institution of Oceanography dan Army Corps of Engineers dalam analisis sistematis pertama kerusakan dari atmosfer sungai akibat banjir ekstrem mengungkapkan bahwa, kami menemukan bahwa meskipun banyak dari peristiwa ini tidak berbahaya, yang terbesar menyebabkan sebagian besar kerusakan akibat banjir di AS bagian barat. Dan sungai di atmosfer diperkirakan akan tumbuh lebih panjang, lebih basah, dan lebih lebar dalam iklim yang memanas. (Sumber: Link)

Sungai di Langit

Pada 27 Februari 2019, sebuah sungai atmosfer mendorong gumpalan uap air selebar 350 mil (563 kilometer) dan panjang 1.600 mil (2.574 kilometer) melalui langit dari Samudra Pasifik Utara yang tropis ke pantai California Utara.

Tepat di utara Teluk San Francisco, di negara penghasil anggur yang terkenal di Sonoma County, badai menurunkan curah hujan setinggi 21 inci. Sungai Rusia memiliki puncak setinggi 45,4 kaki (13,8 meter) — 13,4 kaki (4,1 meter) di atas permukaan banjir.

Untuk kelima kalinya dalam empat dekade, kota Guerneville terendam air banjir berwarna coklat keruh di hilir Sungai Rusia. Kerusakan di Sonoma County saja diperkirakan lebih dari $100 juta.

Peristiwa seperti ini telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir, tetapi sungai di atmosfer bukanlah hal baru. Mereka telah berkelok-kelok di langit selama jutaan tahun, mengangkut uap air dari khatulistiwa menuju kutub.

Pada tahun 1960-an ahli meteorologi menciptakan istilah "Pineapple Express" untuk menggambarkan jalur badai yang berasal dari dekat Hawaii dan membawa uap air hangat ke pantai Amerika Utara. Pada akhir 1990-an para ilmuwan atmosfer telah menemukan bahwa lebih dari 90 persen kelembaban dunia dari daerah tropis dan subtropis diangkut ke garis lintang yang lebih tinggi oleh sistem serupa, yang mereka namakan "sungai atmosfer".

Dalam kondisi kering, sungai di atmosfer dapat mengisi kembali persediaan air dan memadamkan kebakaran hutan yang berbahaya. Dalam kondisi basah, mereka dapat menyebabkan banjir dan aliran puing-puing yang merusak, mendatangkan malapetaka pada ekonomi lokal.

Bermanfaat dan Berbahaya

Para peneliti telah mengetahui untuk beberapa waktu bahwa banjir karena sungai atmosfer dapat menghabiskan banyak uang, tetapi sampai penelitian kami tidak ada yang menghitung kerusakan ini. Kami menggunakan katalog peristiwa sungai di atmosfer yang disusun oleh Pusat Cuaca dan Air Ekstrim Barat Scripps Institution of Oceanography, dan mencocokkannya dengan catatan asuransi banjir selama 40 tahun dan perkiraan kerusakan Layanan Cuaca Nasional selama 20 tahun.

Kami menemukan bahwa sungai di atmosfer menyebabkan rata-rata $1,1 miliar kerusakan akibat banjir setiap tahun di AS bagian barat. Lebih dari 80 persen dari semua kerusakan akibat banjir di Barat pada tahun-tahun yang kami pelajari terkait dengan sungai di atmosfer. Di beberapa daerah, seperti pesisir California utara, sistem ini menyebabkan lebih dari 99 persen kerusakan.

Data kami menunjukkan bahwa dalam satu tahun rata-rata, sekitar 40 sungai atmosfer mendarat di sepanjang pantai Pasifik di suatu tempat antara Baja California dan British Columbia. Sebagian besar dari peristiwa ini tidak berbahaya: Sekitar setengahnya tidak menyebabkan kerugian yang diasuransikan, dan badai ini mengisi kembali persediaan air di kawasan itu.

Tapi ada sejumlah pengecualian. Kami menggunakan skala klasifikasi sungai atmosfer yang baru dikembangkan yang memberi peringkat badai dari 1 hingga 5, mirip dengan sistem untuk mengkategorikan badai dan tornado. Ada hubungan yang jelas antara kategori ini dan kerusakan yang diamati.

Badai Atmospheric River kategori 1 (AR1) dan AR2 menyebabkan kerusakan diperkirakan kurang dari $1 juta. Badai AR4 dan AR5 menyebabkan kerusakan rata-rata dalam 10-an dan 100-an juta dolar masing-masing. AR4 dan AR5 yang paling merusak menghasilkan dampak lebih dari $1 miliar per badai. Badai miliaran dolar ini terjadi setiap tiga hingga empat tahun.

Bacaan menarik lainnya:

Penulis

Web Designer & Developer. Wich also a Content Creator for JujungNet.id. My Facebook id: mugianto1nd

Tezt Dimana